nusakini.com-- Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menghadirkan Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) untuk memberikan pembekalan kepada jajaran pejabat Eselon I, II, III, dan IV. Kegiatan ini dimaksud agar ada sinergi antara pusat dan daerah. 

Gubernur Sulawesi Selatan sekaligus Ketua Umum APPSI, Syahrul Yasin Limpo mengatakan, agar tercipta sinergi antara pusat dan daerah, maka sebaiknya pemerintah pusat berkordinasi dengan cara mengedepankan asistensi dan fasilitasi ke pemerintah daerah. 

“Kordinasi pusat ke depankan asistensi dan fasilitasi, bukan mengatur secara rigit. Gubernur adalah wakil pemerintah pusat di daerah, jadi provinsi sudah punya aturan-aturannya. Jadi yang harus dilakukan adalah asistensi dan fasilitasi hal-hal yang dianggap penting,” kata dia, Senin (30/1). 

Syahrul juga mangapresiasi adanya kordinasi antara pusat dan daerah seperti yang diselenggarakan Kemendagri ini. Menurut dia, pemerintah di setiap tingkatan memang harus selalu melangsungkan pertemuan semacam ini agar bisa tercipta satu kesepahaman satu sama lain. 

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, pihaknya menyatakan, pertemuan internal dalam rangka pembekalan dan arahan umum dari pimpinan daerah, maupun kementerian lembaga lain memang akan rutin dilaksanakan untuk tingkatkan pemahaman para pejabat ini. 

“Keputusan pusat dan daerah harus sinergi. Makaya saya mau pejabat eselon di Kemendagri ini merangkum apa yang mau diinginkan daerah. Ini intinya, kita sepakat untuk rutin kembangkan wawasan kita dengan cara pertemuan-pertemuan rutin seperti ini,” tambah dia.(p/ab)